Home » » Cara Membuat Teks Berjalan di Widget

Cara Membuat Teks Berjalan di Widget

Written By Unknown on Jumat, 15 Februari 2013 | 09.21

teks berjalan

Membuat beberapa efek untuk blog dapat membuat tampilan blog terlihat cantik atau mungkin sebaliknya, karena beberapa efek bisa membuat tampilan blog kita menjadi tidak stabil dan berat mungkin juga beberapa pengunjung akan bosan membaca artikel, karena efek tersebut mengganggu konsentrasi pembaca dalam membaca sebuah artikel. Disini saya akan berbagi
Cara Membuat Teks Berjalan di Widget yang dapat Anda pasang di blog agar semakin menarik bagi pengunjung.

Berikut Cara Membuat Teks Berjalan di Widget :
1. Login ke blogger.com
2. Pilih menu Tata Letak > Elemen Halaman > Tambah Gadget > Pilih HTML/JavaScript
3. Masukkan kode script di bawah ini dalam kotak tersebut.

 
<span style=" font-weight:bold; "> <marquee direction="left" scrollamount="5" height="20px" width="100%" bgcolor="#0000ff" >Contohnya Seperti Ini</marquee></span>


4. Klik Simpan, lihat hasilnya.

Teks berjalan dari kanan ke kiri
Keterangan:
Width : untuk merubah ukuran lebar (dalam persen, bisa juga secara manual dengan mengganti % dengan px
Height : untuk mengatur tinggi ruang teks berjalan
Direction : untuk menentukan arah gerakan (left, right, up, down)
Behaviour : berfungsi untuk mengatur gerakan teks terdiri dari 3 attribute yaitu (alternate : teks bergerak bolak balik, slide : teks bergerak satu arah dan hanya sekali setelah itu berhenti, scroll : teks bergerak satu arah berulang-ulang).
Color : berfungsi untuk mengatur warna teks (ditulis dalam kode hexadecimal tetapi untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris), daripada anda susah-susah mencari kode HTMLnya dan anda menginginkan tidak berwarna tulis saja transparan (untuk kode warna trasnparan)
Bgcolor : berfungsi untuk mengatur warna background (dalam hexadecimal atau untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris).
<font face="kode HTML> ...... </font> : berfungsi untuk mengatur jenis font, warna font, ukuran font, dan sebaginya. Antara kode HTML dipisahkan dengan spasi)
<span style="kode CSS"> ...... </span> : berfungsi untuk menyisipkan kode CSS di dalam HTML. Jika menggunkanan style maka atribut-atribut CSS dapat diterapkan di sini contohnya font-size : untuk mengatur ukuran font, font-weight: untuk mengatur ketebalan font, color : untuk mengatur warna font, dan sebagainya, penulisan kode CSS tersebut harus dipisahkan dengan tanda titik koma(;).
Scrolldelay : berfungsi ntuk mengatur waktu tunda (delay) gerakan dalam satuan mili detik (ms).
Scrollamount : berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan dalam satuan pixel, semakin besar angkanya semakin cepat geraknya.
Loop : berfungsi untuk mengatur jumlah looping (pengulangan).
Onmouseover="this.stop ()" : berfungsi untuk menghentikan teks berjalaan ketika mouse mendekat.
Onmouseout="this.start ()" : berfungsi untuk membiarkan teks berjalan lagi ketika mouse menjauh.


Contohnya Seperti Ini
Share this article :

2 komentar: